Bagaimana Cara Membaca Nutrition Facts/Food Labels?

Membaca label makanan bisa menjadi sangat membingungkan, dari bahasa-bahasa yang tidak familiar sampai kandungan yang sesuai yang tidak banyak orang tahu. Apapun tujuannya, dari membatasi konsumsi sodium, gula, kalori, lemak, gizi yang ada, dengan mengerti yang tertulis di kolom kecil “Nutrition Facts/Food Lables” anda dapat meningkatkan kesehatan anda secara signifikan dan secara benar. Berikut tips-tips dan langkah-langkah nya :

 

 

  1. Yang harus diperhatikan

Setiap anda ke supermarket atau minimarket atau bahkan warung, setelah anda mengambil produk yang anda mau beli, selalu biasakan untuk melihat di sisi yang ada tulisan “Nutrition Facts” atau “Food Labels”. Dengan kebiasaan ini saja, anda akan merasakan pengaruh yang baik terhadap kesehatan anda. Mengerti “Nutrion Facts/Food Lables” berarti mengetahui kualitas dan kuantitas yang tertera di dalamnya.

 

  1. Memperhatikan yang tertera

Serving Size                     : Jumlah produk yang disarankan untuk sekali konsumsi

Calories                            : Jumlah kalori/energi yang terkandung dalam sekali konsumi (Catatan Lesssalt : konsultasikan jumlah kalori anda kepada team Lesssalt untuk mengetahui dikarenakan kebutuhan tiap orang berbeda-beda)

Percent Daily Value        : Daily value memperlihatkan jumlah nutrisi dalam sekali konsumsi, dan kebutuhan nutrisi per hari kita (Jika disana tertera 15% calcium, artinya dalam sekali konsumsi, 15% kebutuhan calcium per hari kita sudah terpenuhi)

Nutrients                          : Fats (Lemak), karbohidrat, protein, kolestrol, juga berbagai jenis vitamin dan mineral.

 

  1. Target yang harus diperhatikan

Mungkin poin ini adalah poin terpenting yang harus anda perhatikan. Referensi di bawah ini akan sangat membantu anda dalam menjaga kesehatan.

 

Informasi yang harus diperhatikan :

 

  • Calories : Setiap kebutuhan orang berbeda-beda, rata-rata aim untuk pertahankan lebih kurang di 2000 calories.
  • Saturated Fats : Usahakan untuk menggantikan ini dengan unsaturated fats yang terkandung di sayuran dan buah-buahan, biji-bijian, tetapi jumlah yang dapat ditolerir tubuh kita adalah di bawah 20grams.
  • Trans fat : 0 grams. Pada tanggal 18 Juni 2018, FDA (Food and Drug Administration) mengumumkan bahwa Trans Fat tidak aman untuk kesehatan kita, dan cenderung bahaya. Jadi hindari produk dengan label Trans Fat ya healthy peeps.
  • Sodium : Harvard University dalam penilitiannya merekomendasikan jumlah konsumsi sodium sehari-hari adalah maksimum 1500mg (2/3 sendok teh) . Catatan Lesssalt : Makanan sekitar kita telah mengandung sodium natural, seperti ikan, seafoods, beberapa jenis sayuran dan buah seperti seledri, wortel, beet, ubi, bayam, daging ayam, dan lainnya, jadi tidak perlu menambah sodium/garam tambahan jika anda dapat mengkompensasi kebutuhan sodium anda secara alami.
  • Added sugar : American Heart Association merekomendasikan untuk maksimum pria 36 grams (9 sendok teh) dan wanita 25 grams (6 sendok teh) untuk menjaga kadar gula tetap stabil. Catatan Lesssalt : Hampir semua jenis buah mengandung gula alami, jadi tidak perlu mengkonsumsi gula lagi jika anda rajin memakan buah.
  • Dietary Fiber : 28 grams. Hal ini sangat penting, karena secara data kedokteran, kasus yang paling tinggi kekurangan gizi adalah kekurangan fiber. Disini menunjukkan jarangnya kita mengkonsumsi sayuran dan buahan. Yuk, mulai hari ini, Eat more Veggies healthy peeps!
  • Protein : Hampir tidak pernah ada kasus orang yang mengalami kekurangan protein, kecuali atlit-atlit olahraga elit.
  • Cholestrol : Kolestrol berperan sangat penting dalam ukuran kesehatan seseorang sewaktu diperiksa kadar kolestrol dalam darah. Liver kita sudah berfungsi untuk menghasilkan kolestrol yang cukup untuk membentuk hormon, membantu metabolisme tubuh, membangun membran sel, dan mengabsorbsi nutrisi. Jadi tidak perlu lagi untuk mengkonsumsi kolestrol dari luar.
  • Carbohydrates : Yang perlu anda aim dalam memilih carbs yang baik adalah tinggi fiber dan rendah gula, yang terdapat di comples carbs seperti gandum, ubi, singkong, kentang, beras coklat, beras merah, beras hitam, jagung.
  • Aim untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin-vitamin, potassium, kalsium

 

 

Anda dapat konsultasi kebutuhan gizi anda kepada Lesssalt Health Care kami yang telah diperlengkapi dengan ilmu dari dokter nutrisi. Atau dapat email langsung kepada salah satu co-founder kami yang adalah seorang dokter yang sangat berdedikasi di nutrisi di nugrahareffy@gmail.com

Scroll to top