Sering merasa ngantuk, lemas, lesu? Mungkin kamu bisa temuin penyebab dan solusinya disini

Perasaan seperti ini dapat menyebabkan banyak masalah, sebagai contoh 1 dari 25 pengendara mobil dilaporkan tidur sedikitnya sebulan sekali di mobil sewaktu berkendara, belum juga berkurangnya keproduktifan kegiatan kita. Jadi healthy peeps, yuk kita sama-sama cari tahu apa penyebabnya dan solusinya

 

 

 

1. Kurang jam tidur
Mungkin ini alasan yang jelas, tetapi tetap 1 dari 3 orang dewasa mengaku tidak mendapat jam tidur yang cukup. Menurut penelitian, orang usia 18-60 tahun membutuhkan 7 jam tidur atau lebih. Tidur juga bukan hanya membantu menghilangkan keletihan kita tetapi juga menghindarkan kita dari hal-hal yang tidak baik seperti obesitas, darah tinggi, depresi, penyakit jantung, stroke. Jika anda salah satu dari orang yang sulit untuk tidur, ada beberapa tips yang dapat anda ikuti :
– Tidur secara rutin. Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, jika anda sulit tidur maka pertahankan jam bangun anda tiap hari dan badan anda akan beradaptasi secara perlahan.
– Hindari gadget. Cahaya dari handphone, tv, komputer anda dapat mencegah otak kita untuk menghasilkan melantonin, hormon yang memberitahu badan kita untuk segera tidur.
– Pastikan kamar tidur anda tenang, gelap, dan berada di suhu yang tepat. Suhu yang paling tepat untuk kita tidur adalah 16-21 derajat celcius menurut penelitian.
– Miliki rutinitas sebelum tidur. Membaca buku, mandi air hangat, massage, menulis, mendengarkan musik yang tenang terbukti dapat membantu badan lebih rileks untuk tidur.
– Hindari kopi, alkohol, rokok. Zat-zat di dalamnya akan mencegah kita untuk mendapat tidur yang berkualitas.

2. Diet yang buruk
Cara paling efektif untuk mendapat tidur yang paling efektif adalah memperbaiki diet. Diet yang sehat dan seimbang akan membuat mood kita lebih bagus secara signifikan. Berikut tips diet untuk membantu anda tidur :
– Konsumsi buah dan sayur yang banyak.
– Berhenti makan 4 jam sebelum tidur
– Mengganti simple carbs dengan complex carbs. Mulai mengkonsumsi nasi coklat/merah/hitam dibanding nasi putih
– Kurangi lemak hewani dan dairy product seperti susu, keju, mentega,dll
– Kurangi konsumsi gula, dan garam
– Sarapan bergizi tiap pagi. Disarankan : buah-buahan segar, gandum, juice buah, granola, biji-bijian
– Makan secara teratur. Tentukan jam makan anda tiap hari dan pertahankan secara rutin
– Minum air yang cukup

 

3. Gaya Hidup Sedentari
Sewaktu anda capek, rebahan/tiduran di ranjang atau sofa bisa menjadi jawaban tetapi bangun, keluar dan bergerak bisa menjadi ide terbaik untuk mengatasi kelelahan dan mencharge energi kita. The US Department of Health and Human Services Physical Activity Guidelines menyarankan agar performa kita bisa optimal, kita perlu melakukan 2 jam 30 menit aktivitas yang intens per minggu, dan melatih semua bagian otot kita.
Jika anda sudah lama tidak berolahraga, anda bisa mulai perlahan. Mulai jogging 15 menit per hari, berenang 15 menit per hari, dan semakin lama anda dapat meningkatkan intensitasnya. Jalan cepat, bersepeda, berenang, aerobik, atau bahkan membersihkan rumah dapat terhitung sebagai olahraga, so guys start moving!

 

 

4. Stres yang Berlebih
Banyak hal yang bisa menyebabkan stres. Kerja, rumah tangga, finansial, pergolakan hidup – list yang dapat menyebabkan stress tidak akan ada habisnya. Stres dalam kadar yang normal adalah sehat untuk membuat kita maju dan berprestasi, tetapi stress yang berlebih hanya akan memperpendek hidup kita, dan bahkan dapat menyebabkan penyakit. Jikalau stres berlebih yang anda hadapin membuat anda sakit kepala, migraine, jangan mengabaikan gejala ini. Berikut tips untuk mengurangi stres :
– Cari penyebab stres kita. Sampai anda dapat menemukan penyebab stres anda, anda tidak akan mampu mengontrol level stres anda
– Belajar untuk mengatakan “TIDAK”. Ketahui batas anda, dan jangan mengambil beban berlebih
– Menghindari hal yang membuat anda stres. Jika ada hal atau seseorang yang membuat anda stres, usahakan untuk menghindari hal itu
– Komunikasi. Belajar untuk mengkomunikasikan masalah anda dan mengekspresikan diri anda daripada menyimpan semuanya sendiri
– Menerima hal yang tidak dapat kita ubah/kontrol. Fokus hanya pada hal yang dapat kita kontrol
– Belajar memaafkan orang lain dan terutama diri sendiri. People make mistakes. Move on dari rasa marah, sedih terhadap orang-orang sekitar kita dan terutama diri kita sendiri

 

 

5. Kondisi medis
Jika anda sudah tidur cukup, makan secara benar, berolahraga secara rutin, dapat menjaga level stres anda dan anda masi sering merasa ngantuk dan letih, maka mungkin ada kondisi medis yang tidak benar.
Kondisi medis yang dapat menyebabkan kelelahan/keletihan antara lain :
– Anemia
– Penyakit Jantung
– Diabetes
– Depresi
– UTI (Urinary Tract Infection)
– Intoleransi makanan
– Kehamilan
– Kekurangan vitamin dan mineral
– Hypothyroid
– Dsb
Jika anda merasa anda ada kondisi medis yang tidak baik, segera cari bantuan medis untuk diperiksa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top